Minggu, 10 Februari 2013


Wajah Musik - Alat Tradisional - Rusia

  • Musik tradisional dan instrumen di Rusia (Siberia)



- Katalog (di saham)
- Kembali-katalog
- Album baru berikutnya
- Mail Order
- Pesanan online
- tentang Artists
- tour proyek
- Konser
- Suara
- Lokakarya
- Instrumen
- Proyek
- Sejarah Wajah
- sepuluh tahun 87-97
- Ulasan Wajah
- Foto - Artis
- kami teman
- Albis Wajah
- Albis - Photo s
- Albis Kerja
- Links
- Depan
- Hubungi

- Profil MySpace
- Profil YouTube
- Overton Jaringan
P & C Desember 1998
- Wajah Musik / Albi
- Terakhir dimutakhirkan 02-2013


tersedia teks dalam bahasa Jerman
Musik tradisional Rusia didominasi heterophonic: melodi yang sama didistribusikan di antara bagian-bagian suara yang berbeda, dengan satu suara terkemuka, terutama dalam register tengah. Sang vokalis (sapevála) menentukan jalannya melodi, dan suara-suara lain datang kemudian. Ini kelompok bernyanyi heterophonic sering dibumbui oleh suara independen dalam register yang sangat tinggi (podgolóssok).
Prinsip heterophony memungkinkan ruang suara utama banyak untuk improvisasi, variasi kontinyu, dan perhiasan. Hal ini juga berpengaruh pada lirik, sejauh satu kata atau frase yang diperpanjang dengan cara vocalisms atau diperbesar dengan suku kata tambahan. Jenis menyanyi paduan suara dapat sering ditemukan di Rusia secara keseluruhan, wilayah Siberia dari mereka yang kembali menetap maupun di Tengah Ukraina, di stepa dan di Ukraina Timur, di mana balada liris juga sangat populer.
Ada perbendaharaan kaya banyak lagu Cossack terkenal dan tarian tradisional. Musik ini berakar pada tradisi berabad oral Bylina (epos, puisi naratif heroik) dan Dumas, yaitu balada liris panjang memuliakan eksploitasi dari Cossack.
Perayaan di masyarakat desa dan keluarga menawarkan kesempatan untuk bernyanyi. Selain lagu-lagu dance, kita juga dapat menemukan apa yang disebut Chorowódy (tarian putaran), yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari hari libur tertentu dalam kalender. Pacaran pengantin, pengantin meninggalkan orang tuanya dan lagu pernikahan lainnya menemukan ekspresi muscial mereka dalam seluruh siklus dengan tarian putaran tersebut.
Menurut asal yang agak berbeda dari pemukim, musik tradisional dari penduduk Rusia (penduduk Rusia) di Altai Selatan di daerah Siberia sangat bermacam-macam. Ada dapat menemukan keragaman dialek dan bentuk yang telah dicampur dan dikembangkan, terlepas dari Cossack yang asal juga yang agak beragam (South Rusia dari Don dan den Donez di Ukraina, masing-masing, yang disebut Zaporozhian Cossack ).
Di Altai ada menetap orang mukmin Lama yang menentang reformasi ritus Ortodoks diprakarsai oleh Nikon Patriarch dan telah dianiaya sejak 1.667 oleh Gereja Ortodoks Rusia sebagai bidah. Seperti sesat itu terutama orang-orang yang dideportasi dalam nama Catherine II dari Belarus dan Ukraina, subyek mantan Polandia-Lithuania kerajaan, mereka telah dipanggil Polandia sejak itu. Juga umat Katolik dari daerah ini telah menemukan tempat perlindungan di sini.
Musik rakyat tradisional adalah kehidupan Rusia 'dan jiwa. Lagu-lagu bercerita tentang sejarah bangsa ini, menggambarkan lanskap, karakter rakyat dan kualitas rakyat. Mereka juga berbicara tentang etika dan aturan kehidupan sosial. Lagu-lagu ini adalah harta nyata yang telah diawetkan up to date. Mereka dapat diklasifikasikan dalam berbagai genre serta lagu ritual dan non-ritual.

- Songs Ritual:

1. Mantera

Penyembuhan lagu, lagu untuk mempengaruhi cuaca

2. Keluh kesah


Nyanyian penguburan lagu, ratap

3. Ritual lagu dari kalender rakyat

- Siklus musim dingin (Natal): Ada lagu ucapan selamat dan pujian untuk merayakan Natal (kolyadky) dan Tahun Baru (shchedryvky). Menyanyikan lagu-lagu ini, orang-orang muda pergi dan tur seremonial mengunjungi rumah tangga lokal dan berharap kemakmuran houseowners.

- Siklus musim semi: Lagu-lagu dari siklus ini disebut vesnyanky dan hayivky dan dinyanyikan oleh gadis-gadis dalam tarian lingkaran. Ada unsur sihir dalam lagu ritual memanggil hujan. Pada awal musim semi (Vesna), yang vesnyanky (lagu memanggil musim) yang dinyanyikan, sebagai suatu peraturan, di tempat terbuka di pinggiran desa. Bernyanyi permainan dan lingkaran-tarian yang disebut haivky (semi game) milik siklus ini.

- Festival mengirik gandum.

- Pra-panen: Ke periode ini jatuh perayaan Ivan Kupalo (kupal'sky = baptis) atau St Yohanes Pembaptis dan St Peter (petrivky). Masa kejayaan perayaan musim panas adalah perayaan Ivan Kupalo, Day Yohanes Pembaptis. Ini membawa ke dekat tema musim semi lirik * kuplet. Ritual Kupalo mirip dalam makna dan karakter "petrivky" lagu, dilakukan selama jangka waktu dua atau tiga minggu sebelum "Hari St Petrus" (29th Juni).

- * Kuplet bernyanyi: lagu sejarah, mazmur, bermain di band dan bermain Kobza (kecapi dipetik) atau lagu lirik dengan struktur strophic, kolyadky (himne atau nyanyian pujian), pawai dan ritual-lagu rakyat dalam bentuk bernyanyi-menari.

- Panen: lagu karya ritual pada awal panen (zazhynky) dan perayaan pada selesai (obzhynky). Bagian lain dari siklus musim panas dirayakan dalam lagu-lagu karya dinyanyikan saat memotong dan panen. Lagu-lagu ini membawa musim panas berakhir.
Makna aslinya sihir mereka kemudian digantikan oleh motif sosial, ig kerja keras para penuai ', hubungan dengan majikan mereka atau tuntutan untuk upah yang lebih baik.

- General liburan, lagu-lagu rohani yang dinyanyikan di desa pada kesempatan prosesi atau di rumah.
4. Pernikahan lagu


- Lagu-lagu ini menjelaskan apa yang terjadi pada saat tertentu selama upacara pernikahan, fungsi dari lagu-lagu yang mirip dengan mantra - tema utama adalah tentang sisi, menyenangkan meriah dari ritual, dan lagu-lagu mengandung juga bagian dari ucapan selamat, atau mereka bahkan mungkin komik. Ada semacam kedua lagu pernikahan yang dinyanyikan pada terbelahnya pengantin dari rumah ayah. Mereka lebih liris dan dramatis dan memiliki struktur looser. Pesta pernikahan biasanya disertai oleh trio desa instrumental. Instrumen utama dari ansambel ini adalah biola, para bayan (akordeon) dan Tambourin, dan sering ada juga pipa.

- Non-ritual pernikahan lagu yang dinyanyikan untuk hiburan pada waktu yang tepat selama perayaan yang biasanya berlangsung selama satu minggu.
5. Kerja lagu


- Perempuan bekerja songs
Lagu-lagu yang dinyanyikan selama atau setelah pekerjaan yang dilakukan bersama-sama. Di musim dingin, lagu-lagu yang dinyanyikan ketika wanita bertemu untuk berputar.

- Pekerjaan lagu ketika bekerja sama
Lagu-lagu ini juga dinyanyikan dalam musim lainnya, sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan secara kolektif (misalnya, kerja lapangan, menggali sumur, membangun rumah, reparing jalan-jalan, dll).

- Pekerjaan lagu setelah selesainya pekerjaan lapangan
Jika petani harus kerja lapangan banyak capai, dia meminta tetangganya untuk membantu. Setelah menyelesaikan pekerjaan ini, ia mengajak tetangganya untuk makan malam, setelah itu mereka menyanyikan lagu-lagu dengan teks sering termasuk ucapan sekuler dan kutipan.

- Non-ritual lagu:

- Rakyat epos (Duma) atau balada, lagu sejarah dan politik, pekerjaan dan lagu lirik.
Dumy adalah komposisi liris panjang karakter epik didasarkan pada prinsip-prinsip pembacaan musik. Ritme lirik balada ini tidak terbatas pada skema metrorhythmic stabil dan menentukan gaya improvisasi pembacaan musik berdasarkan variasi frase khas dan ayat-ayat. Dumy tersebut dilakukan oleh solois disebut kobzar, karena ia biasanya disertai dirinya pada Kobza (kecapi dipetik), kadang-kadang juga pada lira. Dia bernyanyi tentang peristiwa sejarah dan unsur-unsur dari kehidupan sehari-hari. The kobzary [jamak untuk Kobza], sebagai suatu peraturan, buta.
- Lyric lagu bisa menjadi cinta lagu, lagu yang menceritakan tentang kehidupan keluarga, atau lagu pengantar tidur. - Instrumental Musik
- Musik rakyat Instrumental mengambil berbagai bentuk: solo tampil pada pipa, biola, bayan, dll dan ensemble bermain. Pra-Kristen abad pertengahan yang digunakan khas alat musik Eropa, termasuk gùsli (kayu-kecapi), svirel (instrumen woodwind setara dengan seruling shepard), gudok (mirip dengan biola, Rebec) dan juga tanduk, serta aksesoris seperti schamanic drum, lonceng kecil, rebana, dan noisemakers. Instrumen seperti itu biasanya digunakan selama upacara, hiburan, upacara pengadilan, dan mungkin di kuil-kuil pagan. Folk musisi, yang memainkan instrumen dan pernikahan diselenggarakan di Ukraina dan kemudian di Rusia, Selatan Altai (Siberia) disebut skomorokhi. Para musisi juga terlibat dalam akrobat, pertunjukan boneka, dan juggling, mengabadikan budaya populer tradisional abad pertengahan. Budaya skomorokhi, namun, yang telah dikembangkan di Rusia selama suatu jangka waktu yang panjang, yang diawetkan dalam cerita rakyat.
Instrumen rakyat tidak sangat tradisional antara Rusia di wilayah Altai. The Pesnochorki Ensemble telah menyelesaikan mereka sesuai dengan teks lagu dan analog ke daerah Rusia lainnya: Selain gudók (rakyat biola - Rebec), bayan (akordeon tombol), shaléjka (tanduk pipa-shawm) atau tabung yang terbuat dari kayu (kugikly) , dimainkan seperti seruling pan dengan meniup ke dalamnya, gúsli (siter kayu kecil). Drum, rebana dan sendok yang digunakan sebagai instrumen perkusi.

- Instrumen di Siberia



- Schawm - Schaléjka - Zhaleika
- Angin-instrumen
(Folk klarinet atau dansa pelaut yg lincah)
Memiliki buluh tunggal yang dapat dilindungi oleh seorang juru bicara (atau "angin-cap"). Ada tong kayu dengan lubang jari dan bel menyala. Hal ini dapat dibuat dari bahan-bahan alami atau buatan manusia yang bervariasi; sapi lonceng tanduk yang umum, tetapi zhaleikas birch semua kayu-dan bahkan kulit memang ada, juga. The zhalaika memiliki tuning diatonis yang datang dalam berbagai tombol (G, A, F) dan sopran (yaitu "normal"), alto, dan bahkan bentuk piccolo. Mereka dapat disetel dengan menyesuaikan alang-alang. Instrumen biasanya disetel ke modus mixolydian (yang berarti, dalam kunci G Anda mendapatkan semua alami, tidak ada aksidensi), dan Anda hanya mendapatkan nilai satu oktaf tentang catatan. Anda juga bisa mendapatkan nada non-berkurang akhir-7 dengan jari alternatif.
.
Sebagai minimisasi, itu juga disebut saxophone Siberia.

- Horn terompet - Vladimir tanduk - Wladimirski Rozhok
- Angin-instrumen
(Terompet tanduk - tanduk Vladimir)
Ini adalah tanduk kayu dengan terompet gaya corong dan lubang jari. Ini secara historis paling umum di timur laut-tengah bagian Eropa Rusia Vladimir dekat (maka nama "Vladimir tanduk") dan Varoslavl.
Set Diatonis dasar rozhki akan mencakup satu atau dua sopranos di G, sebuah alto di C, dan tenor (satu oktaf di bawah sopran) di G. Selain instrumen diatonis, sekarang ada rozhki berwarna. Rozhok dapat memainkan oktaf pertama di nada murni, maka dengan overblowing Anda dapat pergi ke jauh (lebih tinggi) mendaftar. Jadi, tidak seperti instrumen sebelumnya, Anda mendapatkan lebih dari satu oktaf.


- Svirel
- Tiup
(Buluh pipa, seruling)
Kelompok-seruling buluh seperti angin instrumen dikenal sebagai svirel dalam bahasa Rusia. Penggunaan denominasi ini telah menyebabkan kebingungan besar sebagai perbedaan antara berbagai jenis alat musik tiup rakyat telah berubah menjadi sebuah tantangan yang agak sulit karena hal ini. Ini adalah hasil dari fakta bahwa arti dari kata svirel, tegasnya, hanya berlaku untuk recorder-non.
Instrumen ini tidak memiliki seorang juru bicara. Mereka terdiri dari pipa berlubang dengan enam sampai sepuluh lubang. Pipa itu sendiri dapat dibuat dari berbagai macam bahan, juga logam dan plastik. Biasanya numer lubang enam, tapi lubang tambahan memungkinkan bahwa catatan kromatik dapat dengan mudah dibuat dengan instrumen. Perbedaan penting terletak pada ujung pipa di mana pemain harus menyerang / nya napas dinding tabung. Hal ini menciptakan nada yang sama seperti itu suling.

- Kugikly
- Angin-instrumen
(Tubular kayu blok, buluh pipa - digunakan sama seperti yang panpipe)
Kugikly adalah panpipes. Mereka dapat memiliki mana saja dari 1 sampai 8 pipa, meskipun 2-5 pipa direkatkan tampaknya menjadi set umum. Mereka tampaknya paling sering dimainkan oleh kelompok-kelompok perempuan.
Kouguikly autant d'onomatropees

- Okarina - Sistulka
- Angin-instrumen
Flute kapal, Cuckoo juga disebut sebagai instrumen ini bisa meniru modul.
Anak-anak ingin bermain dengan itu. Ocarina - kapal flute, digunakan untuk meniru modul.
Ocarina milik kelompok instrumen peluit dan pada kenyataannya adalah svystun canggih (peluit). Instrumen ini biasanya terbuat dari tanah liat dengan tujuh atau delapan dan kadang-kadang sepuluh lubang jari.
- Gùsli - Woodzither - gambus - Lute
- String-instrumen
(Kecapi kayu kecil - gambus rakyat)
Kata husli adalah, di zaman Kievan Rus, kata generik untuk instrumen string. Kemudian kata menjadi terkait dengan instrumen gambus-seperti. Kata ini berasal dari kata bahasa Slavia awal "gosl", yang berarti "string" dan dapat ditemukan dalam bahasa Slavia lainnya. Di Balkan, "gusle" menunjukkan sebuah biola satu senar. Di Barat Ukraina dan Belarus di sering digunakan untuk menunjukkan biola dan kadang-kadang seruling menyalurkan. The husli dipengaruhi pengenalan string treble pada Bandura, dan karena ini, Bandura diganti husli tersebut. Pada abad ke-19 itu dimainkan terutama oleh warga kota dan pendeta. Instrumen memiliki 11-36 string diatonically disetel terbuat dari tendon, nilon atau logam, dan itu dibuat dalam berbagai ukuran.
Instrumen ini dipetik daripada dipalu. Dalam pengertian fungsional, ia memiliki lebih banyak kemiripan dengan kecapi, atau lebih baik lagi siter (atau autoharp), dibandingkan dengan Dulcimer dipalu atau cimbalom.
Yang gùsli paling sering dimainkan tegak, dengan tepi yang panjang dan bawah pada lutut, tangan kiri (atas pin runing dan jembatan) meredam string tidak dalam akord / melodi, sementara strums tangan kanan atau mencomot string . Gùsli telah mendekati standarisasi tertentu (primo, alt atau ukuran bass). Tuning diatonis dari rentang gùsli dari B di bawah C tengah ke C # dua oktaf di atas tengah C. kunci A, Bm, C # m, D, E, F # m, dan G # m tersedia. Tuning adalah standar untuk mengoptimalkan penggunaannya dengan balalaika dan dömbra. Hal ini sangat sulit untuk menggunakan gùsli sehingga disetel dengan angin rakyat Rusia seperti zhalaika dan rozhok, instrumen ini (terutama yang rozhok) disetel di G dan C. solusi rupanya telah menambahkan tuas sharping. Ini disebut "mekanik" dalam bahasa Rusia.
The gùsli disebutkan dalam epik yang oleh penyair abad kesebelas.

- Gùsli - Woodzither - Pslatery
- String-instrumen
(Besar kayu kecapi - gambus rakyat)

- Balalaika
- String-instrumen
(Kecapi Rusia)
Keluarga bervariasi dari kecapi Asia Tengah adalah satu besar, dan salah satu yang paling populer dan paling dikenal adalah balalaika, dengan bentuk tubuh yang unik segitiga nya. Dikembangkan dari non-standar kecapi rakyat di akhir abad 18 ke dalam seluruh keluarga instrumen dengan laras standar, balalaika telah menjadi salah satu instrumen yang paling penting senar dipetik di Eropa Timur. Sebuah repertoar, sangat rumit virtuousic telah mengangkat balalaika ke tingkat instrumen klasik, dan diajarkan seperti itu, dengan musik tertulis, transkripsi karya lainnya, dan musik tersendiri terdiri untuk itu.
Ukuran yang paling umum adalah balalaika prima, E tuned, E, A, bermain dengan jari-jari dengan menggunakan berbagai teknik. Hal ini dirangkai dengan logam A dan E 2 nilon, dan model konser memiliki jangkauan 2 dan oktaf berwarna setengah. Salah satu fitur adalah string 2 offset, lebih dekat ke string 3 dibanding 1, memfasilitasi penggunaan ibu jari tangan kiri, bagian penting dari teknik bermain.
The balalaika kedua adalah sedikit lebih besar dan disetel A, A, D, sedangkan alto besar belum dan disetel satu oktaf di bawah prima. Bersenar tiga bass disetel E, A, D dan E kontrabas, A, D oktaf lebih rendah. Ini dapat dimainkan dengan memilih kulit.
Bersenar tiga yang dimainkan solo atau dalam ansambel, khususnya orchestre balalaika yang selain semua ukuran balalaika meliputi dömbra, putaran-bertubuh terkait leher panjang kecapi disetel 4ths dan dimainkan dengan memilih, yang bayan (akordeon tombol Rusia berwarna) tamborin, dan kadang-kadang berbagai buluh pipa dan seruling.

- Hurdy-gurdy - Lyra - Kolesnaja Lira
- String-instrumen
Die Drehleier ist
- Rebec - Fiddle - Gudòk
- String-instrumen
(Biola rakyat)
Rebec adalah instrumen string, tubuh berbentuk buah pir leher bersama wih dan kepala yang dibuat dari satu bagian dari kayu. Pada Abad Pertengahan, itu biasanya menghasilkan tiga-sisi dalam berbagai ukuran dan bentuk, dan itu, terlepas dari "biola besar" (biola), juga disebut biola kecil. Berbeda dengan biola, Rebec yang disetel perlima.
Ini adalah instrumen yang paling populer pada Abad Pertengahan. Hal ini digambarkan di tangan gelandangan, musisi, dan malaikat. Instrumen ini sering dimainkan pada kesempatan perayaan lokal dan pesta, seperti di istana pangeran dan raja. Ini telah terus disempurnakan, dan dari bentuk sekop-seperti asli dari abad ke-8 ada telah mengembangkan bentuk oval, yang kini dikenal untuk string yang ditarik. Dari Abad Pertengahan pada, ada telah mengembangkan sejumlah besar instrumen string dimainkan dengan busur, seperti, misalnya, biola, viola, cello, dll, yang mungkin memiliki asal mereka dengan biola dari Abad Pertengahan.
- Violin - Skrypka
- String-instrumen
Biola tradisional kini telah digantikan oleh biola standar, tradisi rakyat bermain instrumen, bagaimanapun, masih hidup. Biola adalah instrumen terkemuka di pernikahan dan biasanya melakukan musik dansa. Fiddlers bermain juga solo untuk hiburan. Biola tradisional yang sangat kasar dalam konstruksi, beberapa yang hanya papan dengan pamrih.

- Bayan - Accordion
(Akordeon tombol berwarna)
Awalnya, bayan berasal dari Ukraina ke Rusia. Hari ini sangat sering dimainkan, dan sementara itu telah menggantikan banyak instrumen rakyat sangat tradisional. Akordeon tombol awalnya datang dari Jerman di 1830ies ke Rusia.
Dengan akordeon tombol semua catatan dari skala kromatik dapat dimainkan, dan tombol disusun sedemikian rupa sehingga setiap tombol dapat dimainkan tanpa mengubah akord. Pelat atau alang-alang, yang agak berbeda dalam bentuk dan materi, membuat nada yang berbeda untuk satu catatan yang mungkin, dan seperti halnya dengan organ, dengan bayan juga memungkinkan, karena sistem register yang berbeda, untuk mendistribusikan udara dengan cara yang memungkinkan variasi timbre. Register dimanipulasi dengan cara enam belas tombol terletak di atas keyboard yang tepat, dan register switch digunakan sebagian besar waktu juga dapat dioperasikan oleh dagu, dengan cara tujuh tombol yang terletak di atas instrumen.


  - Saratovskaja Harmon - Accordion
(Akordeon tombol kecil)

- Tambourin - Buben
- Instrumen PERC
Rebana pada umumnya adalah instrumen genggam dengan bingkai kayu bulat dan kepala perkamen atau kulit, logam disk atau lonceng (disebut jingle) dimasukkan ke tepi kayu. Dengan mencolok kepala rebana atau dengan gemetar itu, Anda menetapkan jingle bergerak.

- Drum papan kayu - Pastuchi Baraban
- Instrumen PERC

- Lozhki - Sendok
- Instrumen PERC
Gaya Rusia (kayu) bermain sendok agak jauh berbeda dari tradisi baik.
Dengan dua sendok di satu tangan Anda bisa "klak" mereka. Dengan sendok ketiga di sisi lain, Anda bisa "whap-whock-klak" polyrhythms.
http://www.face-music.ch/instrum/siberia_nstrumen.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar