Melodic Instrumen
1. Tanbura
2. Rababa
3. Ud
Alat musik tradisional yang paling terkait dengan funun tertentu. Struktur instrumen selalu memenuhi persyaratan fann tertentu, atau genre musik. Instrumen ini tidak dibuat untuk digunakan di funun semua.
Sebaliknya, instrumen musik Eropa, misalnya biola atau piano tidak
terikat dengan genre tertentu, namun berfungsi sebagai sarana universal
untuk mengekspresikan ide-ide musik dari komposer.
Instrumen Omani tradisional, bagaimanapun, mengkhianati seluruh
konstruksi mereka dan kemungkinan kinerja tidak hanya asal mereka -
bahkan ketika mereka tidak berasal di Oman - tetapi juga genre di mana
mereka menemukan penggunaan mereka.
String Instrumen
Oman tradisional funun mencakup tiga instrumen berikut string: 1. Tanbura
2. Rababa
3. Ud
1. Tanbura
The tanbura adalah salah satu instrumen string yang paling penting saat ini digunakan di Kesultanan.
Itu tidak berubah selama ribuan tahun perjalanan melalui budaya yang
berbeda dan mudah untuk mengikuti jejak sejarah yang membuktikan hal
ini. Alat ini muncul untuk pertama kalinya dalam peradaban Sumeria di 2700BC.
Kemudian bergerak melalui Semenanjung Arab ke Firaun dan kemudian,
melalui Nubia, ke Afrika, di mana ia diasumsikan posisi yang kuat di
antara instrumen lainnya. Selain itu, bentuk-bentuk yang lebih kecil atau lebih besar lain itu muncul.
Jumlah senar tanbura adalah 5 + 1, sehingga pemain tanbura tidak dapat menghasilkan lebih dari lima nada yang berbeda. String keenam dan terendah diposisikan di samping pertama (dilihat dari atas) dan menghasilkan suboctave dari nada tertinggi. Lemparan mutlak tunduk tuning digunakan. Karya melodi dari tanbura yang selalu didasarkan pada skala pentatonik yang lazim di Afrika, khususnya di Nubia lebih besar.
The tanbura ditandai dengan cara bermain yang tidak berubah selama berabad-abad. Itu karena instrumen tidak memiliki leher dengan yang diselenggarakan.
Jadi string, yang juga disebut khiyut (benang), jamak dari khait dalam
bahasa Arab, bebas - yaitu pemain tidak dapat mempersingkat string untuk
mengubah nadanya.
Senar yang dipukul oleh tanduk yang biasanya terbuat dari ujung tanduk banteng. Hal ini dapat dilihat dalam lukisan kuno dan relief bahwa pemain tanbura selalu menempatkan tangan kirinya di belakang string. Dia mengalahkan semua senar secara bersamaan dengan tanduk di tangan kanannya, sementara tangan kiri memiliki tugas mematikan semua string kecuali string yang memainkan melodi. Agar dapat menonaktifkan enam senar dengan lima jari, string (suboctave) keenam diposisikan dekat dengan yang pertama. Oleh karena itu, pemain dapat mencapai kedua dengan ibu jarinya. Ini cara bermain adalah alasan untuk memproduksi non-tonal suara yang menyertai melodi. Yang mematikan dari string menciptakan ritmis daripada suara merdu, yang merupakan cara unik bermain.
Senar yang dipukul oleh tanduk yang biasanya terbuat dari ujung tanduk banteng. Hal ini dapat dilihat dalam lukisan kuno dan relief bahwa pemain tanbura selalu menempatkan tangan kirinya di belakang string. Dia mengalahkan semua senar secara bersamaan dengan tanduk di tangan kanannya, sementara tangan kiri memiliki tugas mematikan semua string kecuali string yang memainkan melodi. Agar dapat menonaktifkan enam senar dengan lima jari, string (suboctave) keenam diposisikan dekat dengan yang pertama. Oleh karena itu, pemain dapat mencapai kedua dengan ibu jarinya. Ini cara bermain adalah alasan untuk memproduksi non-tonal suara yang menyertai melodi. Yang mematikan dari string menciptakan ritmis daripada suara merdu, yang merupakan cara unik bermain.
Ada sifat Afrika jelas dalam instrumen ini. Tanbura ini dimainkan dalam genre yang mengambil nama dari alat yang disebut fann at-tanbura atau kadang-kadang nuban tersebut.
Ini nama yang terakhir menegaskan asal Afrika sebagai bahasa yang
digunakan adalah bahasa Swahili dan topik berurusan dengan banyak
kenangan saat koloni Afrika.
Bentuk musik dari tanbura mengikuti klasifikasi ilmiah disebut funun
penyembuhan tradisional yang secara bertahap berubah menjadi 'hiburan
funun'.
Sejak Kesultanan Oman modern sekarang menyediakan perawatan medis yang
cukup profesional untuk warganya, penggunaan dukun dan ritus mereka
tidak lagi dipraktekkan.
2. Rababa
The rababa merupakan salah satu instrumen yang jarang digunakan di Kesultanan. Hal ini dalam perjalanan untuk menjadi
punah, meskipun tidak dapat diabaikan karena itu, meskipun untuk waktu
yang singkat, salah satu instrumen kuno yang paling penting dari musik
tradisional Oman.
The rababa pada umumnya dianggap 'ibu dari semua instrumen string' di seluruh dunia.
Bukti ilmiah pertama dari instrumen string menggunakan busur dibuat
oleh sarjana Arab dan filsuf, Abu Nasr Muhammad bin Tarkhan al-Farabi
yang meninggal di Damaskus pada 950 Masehi. Hal ini digunakan di negara-negara Arab dalam berbagai ukuran dan bentuk, serta dengan jumlah yang berbeda string. Ada dapat satu, dua dan empat-string versi rababa.
The rababa Omani berisi satu string saja dan disebut rababit ash-Shair.
Tipe satu-string yang digunakan tidak hanya di Oman, tetapi juga di
sebagian besar negara-negara Arab lainnya seperti negara-negara Teluk
Arab, Yordania dan Libanon. Namanya 'fungsi dari instrumen', yaitu: membantu penyair untuk membacakan puisinya.
Oleh karena itu, satu string yang cukup karena seorang penyair tidak
membutuhkan ambitus melodi lebar seperti penyanyi misalnya.
Penyair biasanya hanya menggunakan empat atau lima nada yang dapat
dengan mudah diproduksi pada satu string pada leher rababa tanpa
perubahan posisi tangan kiri.
Semua jenis rababa dimainkan dalam posisi vertikal - yaitu instrumen
yang diletakkan di paha pemain dan bukan di bahu seperti biola Barat. Perlu disebutkan bahwa Maroko pemain menggunakan biola dalam posisi vertikal seperti bermain akrab rababa.
The rababa memiliki frets. Instrumentalis ini karena itu tidak terbatas pada langkah tetap skala. Penyair dapat menentukan struktur intervallic dari tetrachord yang melodi nya didasarkan, sesuai keinginannya.
Ini adalah sifat khas Arab dalam musik Omani - tetrachords dengan
interval Arab yang khas, termasuk tiga-perempat nada diambil dari skala
musik Arab; maqamat tersebut. Ini membuktikan link Omani-Arab.
3. Ud
Ud ini dianggap instrumen Arab yang paling penting dan disebut 'The Prince of Instrumen'. Hal ini mudah digunakan, tetapi tidak untuk menguasai. 'Gunakan' berarti bermain sederhana, sementara menguasai adalah seni itu sendiri yang membutuhkan usaha dan bakat khusus. Ud adalah simbol dari musik Arab pada umumnya karena telah menyertai sejarah musik Arab sejak awal sangat nya.
Itu perlu dan penting bagi setiap peneliti atau filsuf yang ingin
berurusan dengan musik Arab dan setiap saat, itu, dan masih adalah, sama
pentingnya untuk komposer dan penyanyi.
The ud modern dengan leher pendek yang tidak berubah dari yang terlihat pada naskah kuno.
Pentingnya ud berasal dari fakta bahwa itu berisi berbagai melodi besar
(ambitus) dari dua oktaf karena mengandung lima atau enam senar.
Sebagai string disetel di perempat, pemain bisa, bahkan tanpa mengubah
gerakan tangan kiri, dari 'posisi utama' yang 'pertama' atau, memperoleh
dua oktaf lengkap.
Dan, sebagai ud tidak memiliki frets yang menentukan struktur
intervallic nya (seperti gitar), dapat menghasilkan nada yang mencakup
semua interval Arab dan non-Arab.
Dengan menggunakan 'nada samping' yang ada di antara nada dasar, pemain
dapat menghasilkan semua nada dari oktaf musik Arab yang secara
teoritis dibagi menjadi 24 quartertones. Genre di mana ud yang digunakan ditandai dengan karakteristik sebagai berikut:
"Penekanan dari lirik bahasa Arab melalui penggunaan tiga-perempat nada.
"Penggunaan berbagai macam melodi
"Penekanan pada keahlian dari pemain meskipun potensi instrumen.
"Penekanan dari lirik bahasa Arab melalui penggunaan tiga-perempat nada.
"Penggunaan berbagai macam melodi
"Penekanan pada keahlian dari pemain meskipun potensi instrumen.
Tidak ada banyak bukti dari ud dalam musik tradisional Oman. Hal ini terjadi dalam genre vokal seperti as-sot dalam dua jenis: shami dan arabi. Hal ini juga dapat dilihat dalam bara dari Dhofar, meskipun tidak memainkan peran yang dominan dalam genre ini. Ud ini, bagaimanapun, mulai menganggap status lebih penting di
http://www.octm-folk.gov.om/meng/instrument_mel02.asp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar